Main Article Content

Abstract

Penelitian ini didasarkan atas suatu permasalahan yaitu rendahnya problem solving skill peserta didik pada pembelajaran IPA di SMP, yang disebabkan karena kurangnya minat dan keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran. Alternatif cara yang dapat dilakukan yakni memfasilitasi penggunaan bahan ajar yang mampu melibatkan peserta didik secara aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa E-LKPD berbasis Liveworksheet yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan problem solving skill peserta didik pada pembelajaran IPA di SMP. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model Plomp. Adapun hasil validasi E-LKPD berbasis Liveworksheet diperoleh persentase sebesar 82% dengan kategori sangat valid. E-LKPD berbasis Liveworksheet kemudian digunakan dalam pembelajaran untuk mengetahui kepraktisan berdasarkan observasi keterlaksanaan pembelajaran dengan persentase sebesar 96% tergolong sangat praktis. Keefektifan diperoleh berdasarkan hasil analisis N-gain pre-test dan post-test sebesar 0,69 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat dinyatakan bahwasanya E-LKPD berbasis Liveworksheet terbilang sangat valid, sangat praktis, dan cukup efektif digunakan sebagai bahan ajar untuk meningkatkan problem solving skill peserta didik pada pembelajaran IPA di SMP.

Keywords

E-LKPD Pembelajaran IPA Problem Solving Skill

Article Details