Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji keterlaksanaan tahapan model PBP dalam proses perkuliahan dan capaian pembelajran lulusan (CPL) mahasiswa pada mata kuliah kimia analitik 1 semester gazal tahun akademik 2020/2021 yang menerapkan model PBP dengan sistim blended learning.  Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Dalam pelaksanaan penelitian ini didahului dengan merencanakan proses perkuliahan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek (PBP), menerapkannya dalam proses perkuliahan dengan sistim blanded learning, kemudian melakukan penilaian proses, dan melihat ketercapaian CPL pada mata kuliah kimia analitik I dalam bentuk nilai-nilai kuantitatif, dan selanjutnya dideskripsikan. Adapun jenis deskriptif kualitatif marupakan jenis penelitian untuk melihat keterlaksanaan Langkah-langkah model PBP dengan sisitim blanded learning dan ketercapaian CPL. Data diperoleh dengan menggunakan Teknik observasi dalam bentuk narasi kemudian dikaji kesesuaiannya dengan teori dan penelitian-penelitian relevan yang berkaitan dengan keterlaksanaan Langkah-langkan model PBP. Hasil penelitian ini adalah Model PBP dengan sistim blended learning pada mata kuliah kimia analitik I telaksana dengan baik menurut tahap perencanaan, perancangan, pelaksanaan, dan pelaporan, CPL KU dan KK dinyatakan tercapai yang didasarkan pada penilaian sub CPMK 6, 7, 8, 9 dengan rata-rata persentase ketercapaian berturut-turut 100, 78, 80, 84, 77 dan secara umum persentase ketercapaian CPl KU 5 dan KK 4 adalah 100% dan 79,75%

Keywords

Pembelajaran berbasis proyek, blanded learning, CPL.

Article Details