Main Article Content
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan kolaborasi matematika antara siswa yang mengikuti model pembelajaran problem-based learning berbantuan media mobile learning dengan model pembelajaran discovery learning berbantuan media visual. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasy ekperimental design type nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Kelurahan Lembang-lembang yang terdiri dari 5 sekolah dengan jumlah keseluruhan siswa adalah 137 dan sampel penelitian adalah siswa kelas IV SDN 010 Palece dan SDN 008 Camba-camba, berjumlah 58 orang dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi ditinjau dari indikator kemampuan kolanborasi yang dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil analisis Uji Paired-Sampel T-Test, diperoleh nilai Sig 0,001 < 0,05. Karena nilai signifikan lebih kecil dari pada 0,05 maka dapat disimpulkan ada perbedaan kemampuan kolaborasi matematika siswa kelas IV SD antara siswa yang diajar model pembelajaran problem-based learning berbantuan media mobile learning dengan model pembelajaran discovery learning berbantuan media visual
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.