Main Article Content
Abstract
Abstrak
Pembelajaran bunpou (tata bahasa) masih sangat jarang lakukan dengan memanfaatkan media pembelajaran yang menyenangkan dan berbasis teknologi. Tujuan penelitian ini mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran online berupa kahoot terhadap penguasaan bunpou (tata bahasa) pada mata kuliah nihongo kentei 1. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Jenis penelitian menggunakan metode kuantitatif. Populasi penelitian yakni mahasiswa berjumlah 26 orang terbagi dalam dua kelompok yakni kontrol dan eksperimen. Hasil penelitian merupakan nilai kuis materi bunpo (tata bahasa) dengan menggunakan aplikasi kahoot dan tanpa aplikasi kahoot. Nilai rata-rata yang diperoleh kontrol sebanyak 69,8. Kelas eksperimen memperoleh nilai 85,6. Hasil akhir yang didapatkan kahoot efektif digunakan pada kelas eksperimen. Sehingga kesimpulan akhir yang diperoleh adalah kahoot efektif digunakan dalam pembelajaran bunpou (tata bahasa) mata kuliah nihongo kentei 1 pada mahasiswa semester IV. Penelitian lanjutan yang dapat dilakukan pada pembelajaran bahasa Jepang, materi membaca dan mendengarkan dengan menggunakan media pembelajaran online yang menarik.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.