Main Article Content

Abstract

Perkembangan teknlogi Artificial Intelligence (AI) membuatnya banyak diimplementasikan di berbagai bidang, termasuk di dunia pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengkaji (1) perbandingan respon AI dalam menjawab soal bertipe Higher Order Thinking Skill (HOTS); dan (2) bagaimana efektivitas AI dalam menjawab soal HOTS. Subjek penelitian ini adalah Chatbot berbasis AI yang mencakup ChatGPT, Writesonic, dan YouChat. Masing-masing chatbot ditugaskan untuk menjawab soal HOTS untuk materi genetika populasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Respon ketiga AI dalam menjawab soal HOTS relatif sama terkait langkah-langkah penyelesaian, meskipun demikian hasil akhirnya berbeda karena adanya perbedaan dalam penggunaan rumus penyelesaian. ChatGPT dan Youchat dapat menjawab dengan benar satu dari tiga soal, sementara Writesonic dapat menjawab dengan benar dua soal; dan (2) Ketiga AI kurang efektif dalam menjawab soal HOTS materi genetika populasi, namun efektivitas AI dapat ditingkatkan dengan modifikasi soal melalui tambahan perintah sesuai dengan analisis kekeliruan AI pada respon sebelumnya. Hasil penelitian ini diharapkan mampu menjadi referensi sekaligus bahan pertimbangan bagi pendidik dalam merancang dan memberikan penugasan bagi peserta didik.

Keywords

Efektivitas AI HOTS

Article Details