Main Article Content

Abstract

Hasil belajar mahasiswa yang tidak memuaskan pada mata kuliah Inovasi Pembelajaran Biologi menuntut adanya perbaikan baik dari penggunaan model maupun media pembelajaran pada pelaksanaan mata kuliah tersebut. Untuk itu, dalam penelitian ini akan dikaji mengenai peningkatan hasil belajar mahasiswa melalui penerapan Project Based Learning (PjBL) berbantuan E-Modul. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan pada semester ganjil tahun akademik 2022/2023 dengan melibatkan 46 mahasiswa sebagai subjek penelitian. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan masing-masing siklus mencakup tahap perencanaan, pelakasanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan nilai N-Gain pada siklus 1 dan siklus 2 secara berturut-turut sebesar 0,10 dan 0,32. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi pada mata kuliah Inovasi Pembelajaran Biologi melalui penerapan PjBL berbantuan E-Modul. Hasil penelitian ini diharapkan mampu menjadi pertimbangan bagi pendidik dalam merancang pembelajaran untuk pencapaian hasil belajar peserta didik yang maksimal.

Keywords

Learning Outcome PjBL E-Modul

Article Details