Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika pada materi bangun ruang melalui pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada peserta didik kelas V SDN No.35 Inpres Panggalo, Kecamatan Banggae, Kabupaten Majene.


       Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN No.35 Inpres Panggalo tahun pelajaran 2018-2019 yang berjumlah 20 peserta didik, terdiri dari 13 peserta didik laki-laki dan 7 peserta didik perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik observasi dan tes tertulis.


       Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari nilai yang diperoleh. Pada siklus I rata-rata nilai yang diperoleh adalah 69,25 meningkat pada siklus II menjadi 78. Jumlah peserta didik yang mencapai ketuntasan pada siklus I sebanyak 12 peserta didik atau sebesar 67% dan pada siklus II meningkat menjadi 17 peserta didik atau sebesar 88%. Dengan melihat persentase dari siklus I ke siklus II, menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik sebesar 21%.

Keywords

Peningkatan Hasil Belajar Pendekatan PMRI

Article Details