Main Article Content

Abstract

ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan berpikir kritis mahasiswa terhadap Mata Kuliah Bioteknologi Penelitian ini menggunakan metode survey dengan cara penyebaran angket dan pemberian tes untuk mengetahui pengetahuan mahasiswa tentang konsep bioteknologi. Berdasarkan survei yang dilakukan terhadap mahasiswa Unsulbar Program Pendidikan biologi menunjukkan bahwa Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Universitas Sulawesi Barat pada dasarnya dalam kategori rendah dimana pada indikator dalam memberikan penjelasan sederhana dengan persentase 67,5%, Indikator dalam membangun keterampilan dasar dengan persentase 70,6%, indikator dalam menyimpulkan 50,1%, indikator dalam penjelasan lanjut sebanyak 56% dan indikator pada mengatur strategi dan taktik sebanyak 53,7%. Indikator menyimpulkan, penjelasan lanjut, dan indikator pada mengatur strategi dan taktik berada pada kategori rendah yaitu dengan persentase di bawah 60%. Dari hasil analisis yang didapatkan, maka dapat disimpulkan bahwa keterampilan berpikir kritis mahasiswa biologi Universitas Sulawesi Barat terhadap mata kuliah bioteknologi masih rendah. Oleh karena itu perlu dilakukan pembenahan dalam penelitian lanjutan.

Keywords

Analisis keterampilan Berpikir Kritis Pembelajaran Bioteknologi

Article Details