Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi (1) level sikap terhadap sains dan Keterampilan Proses Sains (KPS) perempuan dan laki-laki, (2) level hubungan yang positif antara sikap ilmiah dan KPS, (3) bahwa terdapat perbedaan signifikan sikap terhadap sains dan KPS antara peserta didik perempuan dan laki-laki. Populasi penelitian peserta didik kelas XI berjumlah 245 orang pada mata pelajara fisika. Jumlah sampel penelitian sebanyak 94 orang dengan menggunakan teknik simple random sampling. Hasil penelitian ditemukan bahwa (1) rata-rata sikap terhadap sains perempuan dan laki-laki berada pada kategori tinggi dengan nilai 84,74 dan 83,42, (2) rata-rata KPS perempuan berada pada kategori rendah dengan nilai sebesar 10,33 dan 10,54, (3) terdapat hubungan yang positif antara sikap terhadap sains dengan KPS sebesar  0,44 termasuk dalam level sedang, (4) terdapat perbedaan sikap terhadap sains antara perempuan dan laki-laki, (5)  tidak terdapat perbedaan KPS antara perempuan dan laki-laki. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa (1) level sikap terhadap sains perempuan dan laki-laki adalah sama pada kategori tinggi (2) level KPS perempuan dan laki-laki masih rendah, (3) semakin besar sikap terhadap sains maka semakin besar KPS, dan (4) sikap terhadap sains dan KPS tidak ada kaitannya dengan perbedaan gender.

Keywords

Gender Keterampilan Proses Sains Sikap Terhadap Sains

Article Details