Main Article Content

Abstract

Hasil Observasi dalam penelitian ini menunjukkan siswa memiliki keterampilan HOTS yang rendah dan hasil belajar matematika yang rendah pula, hal ini berpotensi menyebabkan kesulitan dalam menguasai materi matematika dan materi pelajaran lain yang memiliki keterkaitan konsep matematis. Studi tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus dan bertujuan untuk meningkatkan keterampilan HOTS dan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan PBL dengan bantuan permainan kartu soal. Studi ini melibatkan 32 siswa. Untuk menilai keterampilan HOTS, dua jenis tes digunakan; hasil belajar matematika diukur menggunakan instrumen penelitian sebelumnya yang telah divalidasi oleh ahli. Hasil tes juga divalidasi melalui studi dokumen dan wawancara. Studi ini menemukan bahwa nilai keterampilan HOTS siswa telah meningkat dari 56,77 (kurang terampil) menjadi 83,85 (terampil); hasil belajar matematika siswa telah meningkat dari 64,06 menjadi 83,33; dan ketuntasan klasikal kelas telah meningkat dari 43,75% menjadi 87,50%. Selain itu, aktivitas guru dalam pembelajaran telah meningkat berturut-turut, mencapai nilai 65, 80, dan 95 di setiap siklus. Penelitian ini tidak memperhitungkan peningkatan yang dicapai siswa sebagai hasil dari pembelajaran alternatif.

Keywords

Meningkatkan HOTS Kartu Soal Problem Based Learning

Article Details