Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji aktivitas mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan daring berbasis konferensi video. Penelitian ini menggunakan pendekatan mix method yang menggabungkan metode kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan menyebar angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam perkuliahan daring yang dilaksanakan menggunakan applikasi konferensi video seperti Zoom dan Google Meet, mahasiswa cenderung melakukan aktivitas lain yang tidak berhubungan dengan perkuliahan. Aktivitas-aktivitas tersebut meliputi: (1) makan dan minum; (2) melamun; (3) menggunakan media sosial; (4) mengerjakan tugas mata kuliah lain; (5) memperhatikan tampilan layar teman kelas. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi pendidik dalam merancang perkuliahan daring sehingga potensi multitasking mahasiswa dalam pembelajaran dapat ditekan.


This research aims to investigate the students’ activity during videoconferencing-based online lectures.  This study uses a mixed-method approach that combines qualitative and quantitative methods. Data collection was carried out by interviewing and distributing 5 scale questionnaires. The results showed that in online lectures conducted using video conferencing applications such as Zoom and Google Meet, students tended to do other activities that were not related to lectures. These activities include (1) eating and drinking; (2) mind wandering; (3) using social media; (4) doing other subject assignments; (5) pay attention to classmates’ screen display. The results of this study can be used as consideration for educators in designing online lectures to reduce the possibility of students multitasking in learning.


 


Keyword: Online learning, videoconferencing, multitasking

Keywords

Pembelajaran daring online learning aktivitas mahasiswa students' activity multitasking

Article Details