Main Article Content
Abstract
Pelaksanaan pembelajaran daring sebagai salah satu alternatif pelaksanaan pembelajaran pada masa Pandemic Covid-19 berdampak pada rendahnya penguasaan konsep mahasiswa. Rendahnya tingkat penguasaan konsep mahasiswa tersebut menyebabkan rendahnya hasil belajar mahasiswa dan secara tidak langsung menyebabkan rendahnya kualitas sumber daya manusia di bidang fisika. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti akan menggunakan media animasi Sparkol Videoscribe dalam pembelajaran daring. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen). Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika yang mengikuti mata kuliah fisika kuatum yang berjumlah 36 mahasiswa. Instrumen dalam penelitian ini berupa RPP, LKM dan soal tes yang diberikan melalui pre-test dan post-test. Setelah data hasil tes terkumpul, selanjutnya data dianalisis data dengan menggunakan uji t dengan kriteria pengujiannya adalah “Terima Ho jika thitung < t(1-a) dan tolak Ho jika t mempunyai harga-harga lain pada db (N-1) = 35. Berdasarkan hasil analisis tes rata-rata diperoleh bahwa thitung > ttabel yaitu 7,78 > 1,69, maka dapat disimpulkan bahwa penguasaan konsep mahasiswa sesudah pembelajaran lebih baik sebelum pembelajaran dengan menggunakan media animasi Sparkol Videoscribe. Hal ini berarti penggunaan media animasi Sparkol Videoscribe berpengaruh terhadap penguasaan konsep mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Almuslim.
Article Details
Authors who publish in PHYDAGOGIC agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the PHYDAGOGIC right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC 4.0). This license allows anyone to compose, improve, and make derivative works non-commercially, and while they must credit you and gain no commercial advantage, they are not required to license derivative works on the same terms as the original work. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in PYDAGOGIC. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).