Main Article Content

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran daring sebagai salah satu alternatif pelaksanaan pembelajaran pada masa Pandemic Covid-19 berdampak pada rendahnya penguasaan konsep mahasiswa. Rendahnya tingkat penguasaan konsep mahasiswa tersebut menyebabkan rendahnya hasil belajar mahasiswa dan secara tidak langsung menyebabkan rendahnya kualitas sumber daya manusia di bidang fisika. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti akan menggunakan media animasi Sparkol Videoscribe dalam pembelajaran daring. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen). Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika yang mengikuti mata kuliah fisika kuatum yang berjumlah 36 mahasiswa. Instrumen dalam penelitian ini berupa RPP, LKM dan soal tes yang diberikan melalui pre-test dan post-test. Setelah data hasil tes terkumpul, selanjutnya data dianalisis data dengan menggunakan uji t dengan kriteria pengujiannya adalah “Terima Ho jika thitung < t(1-a) dan tolak Ho jika t mempunyai harga-harga lain pada db (N-1) = 35. Berdasarkan hasil analisis tes rata-rata diperoleh bahwa thitung > ttabel yaitu 7,78  > 1,69, maka dapat disimpulkan bahwa penguasaan konsep mahasiswa sesudah pembelajaran lebih baik sebelum pembelajaran dengan menggunakan media animasi Sparkol Videoscribe. Hal ini berarti penggunaan media animasi Sparkol Videoscribe berpengaruh terhadap penguasaan konsep mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Almuslim.

Article Details

How to Cite
Fatimah, F. (2021). PENGARUH MEDIA ANIMASI SPARKOL VIDEOSCRIBE DALAM PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PENGUASAAN KONSEP MAHASISWA . PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika Dan Pembelajarannya, 3(2), 53-60. https://doi.org/10.31605/phy.v3i2.1136