Main Article Content
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan metode Research and Development (R&D) dan model Borg and Gall dengan pembatasan langkah penelitian sampai pada langkah ketujuh. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket validasi ahli materi, angket validasi ahli media, angket respon peserta didik dan angket respon guru fisika. Aspek kevalidan ditinjau dari hasil penilaian validator yaitu validasi ahli media untuk alat ukur suhu diperoleh persentase rata-rata sebesar 91,67% dengan kategori sangat valid dan rata-rata persentase validasi buku panduan sebesar 95,42% dengan kategori sangat valid serta validasi ahli materi untuk alat ukur suhu diperoleh rata-rata persentase 96.53% dengan kategori sangat valid dan persentase rata-rata validasi buku panduan sebesar sebesar 93,96% dengan kategori sangat valid. Aspek kepraktisan ditinjau dari hasil respon guru fisika menunjukkan bahwa alat ukur suhu berada pada persentase 90,77% dengan kategori sangat praktis dan rata- rata persentase terhadap buku panduan sebesar 86,11% dengan kategori sangat praktis. Aspek keefektifan diperoleh dari hasil respon peserta didik terhadap alat ukur suhu menggunakan sensor LM35 berbasis Arduino Uno dengan persentase rata-rata sebesar 75.00% dengan kategori efektif dan persentase rata-rata untuk buku panduan sebesar 83,56% dengan kategori sangat efektif. Dengan demikian penelitian ini diperoleh bahwa alat ukur suhu menggunakan sensor LM35 berbasis Arduino Uno dinyatakan layak berdasarkan aspek kevalidan, keefektifan dan kepraktisan.
Keywords
Article Details
Authors who publish in PHYDAGOGIC agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the PHYDAGOGIC right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC 4.0). This license allows anyone to compose, improve, and make derivative works non-commercially, and while they must credit you and gain no commercial advantage, they are not required to license derivative works on the same terms as the original work. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in PYDAGOGIC. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).