Main Article Content

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan bertanya dan kualitas pertanyaan peserta didik pada pembelajaran fisika kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Majene. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA yang berjumlah 137 peserta didik. Data kualitatif berupa keterampilan bertanya dan kualitas pertanyaan yang diperoleh melalui observasi dan dianalisis dengan menghitung persentase dan diinterpretasikan ke dalam tabel kriteria serta diperkuat dengan hasil dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan keterampilan bertanya peserta didik kelas reguler berkategori “rendah”. Sedangkan, kelas unggulan berkategori “sedang”. Kualitas pertanyaan peserta didik kelas reguler dan kelas unggulan berkategori “rendah”. Pada kelas reguler peserta didik laki-laki lebih banyak mengajukan pertanyaan dibandingkan peserta didik perempuan. Sedangkan, untuk kelas unggulan peserta didik perempuan lebih banyak mengajukan pertanyaan dibandingkan peserta didik laki-laki.

Keywords

keterampilan bertanya kualitas pertanyaan taksonomi bloom

Article Details

How to Cite
Arsyad, A. A., Hamzah, H., & Nuraisa, L. (2021). PROFIL KETERAMPILAN BERTANYA PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN FISIKA KELAS XI MIPA SMAN 2 MAJENE. PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika Dan Pembelajarannya, 3(2). https://doi.org/10.31605/phy.v3i2.1086