Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar fisika peserta didik melalui penerapan model penbelajaran Problem Based Learning Berbasis Isis Proteus.Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest. Populasi yang digunakan adalah seluruh kelas XII MIA SMA Negeri 3 Majene. Sampel yang diteliti sebanyak 16 peserta didik dengan teknik pengambilan sampel mengunaka sampel jenuh. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes hasil belajar. Data dianalisis menggunakan analisis uji t-test yang dikerjakan dengan bantuan aplikasi SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar fisika peserta didik pada posttest lebih tinggi dari pada pretest. Nilai rata-rata hasil belajar setelah diberikan perlakuan (posttest) sebesar 70 yang berada pada kategori cukup baik. Sedangkan pada pretest memperoleh nilai sebesar 8,5 yang ber ada pada kategori kurang. Berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan Paired Sample T Test pada taraf signifikan 0,05 diperoleh harga ttabel = -1,753 sedangkan thitung = -20,094. Hal ini berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran problem based learning berbasis isis proteus dalam pembelajaran.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish in PHYDAGOGIC agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the PHYDAGOGIC right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC 4.0). This license allows anyone to compose, improve, and make derivative works non-commercially, and while they must credit you and gain no commercial advantage, they are not required to license derivative works on the same terms as the original work. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in PYDAGOGIC. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).