Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara pemahaman konsep fisika peserta didik sebelum dan setelah diterapkan  model pembelajaran Discovery Learning dengan menggunakan media Lab Virtual PhET. Jenis Penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan bentuk desain “one-group-pretest-posttest design”. Populasi penelitian meliputi seluruh peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 1 Tinambung. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling diperoleh 26 peserta didik. Data pemahaman konsep dianalisis  menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa skor rata-rata pretest sebesar 6,19 sedangkan posttest sebesar 8,96. Hasil uji t pada taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa  . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pemahaman konsep fisika peserta didik sebelum dan setelah  diterapkan  model pembelajaran Discovery Learning  menggunakan media Lab Virtual PhET.

Keywords

Model pembelajaran Discovery Learning Lab Virtual PhET Pemahaman Konsep

Article Details

How to Cite
Kalsum, U., Hamzah, H., & Nurdia, N. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA LAB VIRTUAL PHET TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA. PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika Dan Pembelajarannya, 2(1), 29-37. https://doi.org/10.31605/phy.v2i1.1345