Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kemampuan psikomotorik peserta didik kelas XI MIA SMA PPM Al-Ikhlash saat diajar dengan pembelajaranpendekatansaintifik, kemampuan psikomotorik peserta didik saat diajar dengan pembelajaran konvensional, serta apakah terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan psikomotorik peserta didik antara kelas keduanya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi-experimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIA SMA PPM Al-Ikhlash yang berjumlah 59 orang peserta didik. Sampel yang diteliti sebanyak 59 orang yang dipilih dengan teknik Purposive Sampling. Instrumen pengumpulan data berbentuk rubrik penilaian kemampuan psikomotorik. Data dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata  kemampuan psikomotorik peserta didik kelas eksperimen berada pada kategori sangat mampu (skor rata-rata 37,29) sedangkan  rata-rata kemampuan psikomotorik pada kelas kontrol berada pada kategori cukup mampu (skor rata-rata 22,9). Berdasarkan hasil uji t pada taraf signifikansi 5% diperoleh nilai thitung 42,3> ttabel =2,01. Hasil ini mengungkapkan bahwa terdapat perbedaan signifikan kemampuan psikomotorik peserta didik antara kelas yang diajar pendekatan saintifik dan kelas yang diajar dengan pembelajaran konvensional.

Keywords

Pembelajaran Pendekatan Saintifik Pembelajaran Konvensional Kemampuan Psikomotorik

Article Details

How to Cite
Kalsum, U., Mutmainna, M., & Husni, H. (2022). IDENTIFIKASI KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PESERTA DIDIK KELAS XI MIA SMA PPM AL-IKHLASH. PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika Dan Pembelajarannya, 4(2), 89-98. https://doi.org/10.31605/phy.v4i2.1782