Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kemampuan psikomotorik peserta didik kelas XI MIA SMA PPM Al-Ikhlash saat diajar dengan pembelajaranpendekatansaintifik, kemampuan psikomotorik peserta didik saat diajar dengan pembelajaran konvensional, serta apakah terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan psikomotorik peserta didik antara kelas keduanya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi-experimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIA SMA PPM Al-Ikhlash yang berjumlah 59 orang peserta didik. Sampel yang diteliti sebanyak 59 orang yang dipilih dengan teknik Purposive Sampling. Instrumen pengumpulan data berbentuk rubrik penilaian kemampuan psikomotorik. Data dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan psikomotorik peserta didik kelas eksperimen berada pada kategori sangat mampu (skor rata-rata 37,29) sedangkan rata-rata kemampuan psikomotorik pada kelas kontrol berada pada kategori cukup mampu (skor rata-rata 22,9). Berdasarkan hasil uji t pada taraf signifikansi 5% diperoleh nilai thitung 42,3> ttabel =2,01. Hasil ini mengungkapkan bahwa terdapat perbedaan signifikan kemampuan psikomotorik peserta didik antara kelas yang diajar pendekatan saintifik dan kelas yang diajar dengan pembelajaran konvensional.
Keywords
Article Details
Authors who publish in PHYDAGOGIC agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the PHYDAGOGIC right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC 4.0). This license allows anyone to compose, improve, and make derivative works non-commercially, and while they must credit you and gain no commercial advantage, they are not required to license derivative works on the same terms as the original work. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in PYDAGOGIC. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).