Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan Model Pembelajaran Quantum Learning Menggunakan Musik, hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan Model Pembelajaran Langsung dan perbedaan yang signifikan hasil belajar fisika peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi-experimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 1 Alu yang berjumlah 53 orang peserta didik. Sampel yang diteliti sebanyak 26 peserta didik yang dipilih dengan teknik Purposive Sampling. Instrumen pengumpulan data berbentuk tes essay. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan Model Pembelajaran Quantum Learning Menggunakan Musik berada pada kategori sedang.  Sedangkan yang diajar dengan Model Pembelajaran Langsung berada pada kategori rendah. Dari hasil Uji T dengan taraf signifikan 5% diperoleh (nilai thitung = 3,341 > ttabel 2,01). Hal ini bermakna bahwa terdapat perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Article Details

How to Cite
Kalsum, U., Mutmainna, M., & Harmintin, S. (2021). PENGARUH PENGGUNAAN MUSIK DALAM MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK. PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika Dan Pembelajarannya, 4(1), 16-24. https://doi.org/10.31605/phy.v4i1.1458