Main Article Content
Abstract
Berawal dari berbagai persoalan mahasiswa yang tidak memahami konsep dasar materi pada mata kuliah fisika terutama yang berkaitan dengan laboratorium sehingga mempengaruhi nilai pada mata kuliah fisika. Persoalan tidak tersedianya ruang dan peralatan laboratorium fisika di STMIK AKBA juga menjadi permasalahan, untuk mengajarkan konsep-kosep fisika yang bersifat abstrak diperlukan simulasi langsung untuk member pemahaman kepada mahasiswa. STMIK AKBA memiliki tiga laboratorium computer dengan spesifikasi yang memadai, dimana computer dapat membuat konsep-konsep yang abstrak menjadi konkret melalui media dengan visualisasi statis maupun dengan visualisasi dinamis (animasi). Selain itu, computer dapat membuat suatu konsep lebih menarik sehingga menambah motivasi untuk mempelajari dan memahaminya. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan media laboratorium virtualĀ memudahkan mahasiswa STMIK AKBA dalam mempelajari konsep-konsep dasar fisika sehingga memotivasi mahasiswa dalam belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, menggunakan model pengembanganseperti yang dikembangkan oleh Thiagarajan yakni melalui 4D-Model (Define, Design, Develop, and Disseminate). Media tutorial untuk pembelajaran dibangun dengan menggunakan software Lectora, Multism, Microsoft Power Point 2010, Camtasia Studio 6.0, Adobe Photoshop CS4 dan Nero 8.0.. Penelitian ini berjenis kuantitatif, dimana media yang dihasilkan akan diuji kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media. Melalui penelitian ini diharapkan dapat menciptakan suatu media pembelajaran berupa LaboratoriumĀ virtual yang dapat membantu mahasiswa memahami konsep-konsep dasar fisika.
Keywords
Article Details
Authors who publish in PHYDAGOGIC agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the PHYDAGOGIC right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC 4.0). This license allows anyone to compose, improve, and make derivative works non-commercially, and while they must credit you and gain no commercial advantage, they are not required to license derivative works on the same terms as the original work. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in PYDAGOGIC. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).