Main Article Content

Abstract

Berawal dari berbagai persoalan mahasiswa yang tidak memahami konsep dasar materi pada mata kuliah fisika terutama yang berkaitan dengan laboratorium sehingga mempengaruhi nilai pada mata kuliah fisika. Persoalan tidak tersedianya ruang dan peralatan laboratorium fisika di STMIK AKBA juga menjadi permasalahan, untuk mengajarkan konsep-kosep fisika yang bersifat abstrak diperlukan simulasi langsung untuk member pemahaman kepada mahasiswa. STMIK AKBA memiliki tiga laboratorium computer dengan spesifikasi yang memadai, dimana computer dapat membuat konsep-konsep yang abstrak menjadi konkret melalui media dengan visualisasi statis maupun dengan visualisasi dinamis (animasi). Selain itu, computer dapat membuat suatu konsep lebih menarik sehingga menambah motivasi untuk mempelajari dan memahaminya. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan media laboratorium virtualĀ  memudahkan mahasiswa STMIK AKBA dalam mempelajari konsep-konsep dasar fisika sehingga memotivasi mahasiswa dalam belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, menggunakan model pengembanganseperti yang dikembangkan oleh Thiagarajan yakni melalui 4D-Model (Define, Design, Develop, and Disseminate). Media tutorial untuk pembelajaran dibangun dengan menggunakan software Lectora, Multism, Microsoft Power Point 2010, Camtasia Studio 6.0, Adobe Photoshop CS4 dan Nero 8.0.. Penelitian ini berjenis kuantitatif, dimana media yang dihasilkan akan diuji kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media. Melalui penelitian ini diharapkan dapat menciptakan suatu media pembelajaran berupa LaboratoriumĀ  virtual yang dapat membantu mahasiswa memahami konsep-konsep dasar fisika.

Keywords

laboratorium virtual Model 4D Pembelajaran Fisika

Article Details

How to Cite
Utami, L., & Amiruddin, A. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA LABORATORIUM VIRTUAL MODEL 4D PADA MATA KULIAH FISIKA. PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika Dan Pembelajarannya, 1(1), 7-14. https://doi.org/10.31605/phy.v1i1.212