Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keterampilan proses sains peserta didik pada aspek melakukan pengamatan (observasi), merencanakan percobaan,membuat kesimpulan, dan berkomunikasi, serta mengidentifikasi faktor dan dampak yang mempengaruhi keterampilan proses sains peserta didik pada materi suhu dan kalor. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI-IPA 2. Instrumen yang digunakan yaitu observasi,wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil observasi keterampilan proses sains setiap kelompok menunjukan bahwa dari 4 keterampilan proses sains didapatkan presentase tertinggi yaitu membuat kesimpulan 85% kriteria sangat baik, berkomunikasi 82 % dan melakukan pengamatan (observasi) 80% yang merupakan kriteria baik sedangkan merencanakan percobaan 55% kurang baik. Berdasarkan hasil wawancara dapat disimpulkan bahwa peserta didik mampu dalam melakukan pengamatan, membuat kesimpulan dan berkomunikasi sedangkan peserta didik masih belum paham dalam merencanakan percobaan baik dalam mengidentifikasi ciri-ciri maupun fungsi termometer dan kalorimeter. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa keterampilan proses sains peserta didik dalam merencanakan percobaan masih minim adapun faktor-fakor yang mempengaruhi keterampilan proses sains dari proses pembelajaran fisika materi suhu dan kalor tidak terlepas dari adanya pendukung maupun keterbatasan dalam implementasi keterampilan proses sains walaupun keterampilan proses sains sangatlah penting untuk peserta didik dan guru dan memberikan dampak positif dalam kehidupan sehari-hari.
Keywords
Article Details
Authors who publish in PHYDAGOGIC agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the PHYDAGOGIC right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC 4.0). This license allows anyone to compose, improve, and make derivative works non-commercially, and while they must credit you and gain no commercial advantage, they are not required to license derivative works on the same terms as the original work. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in PYDAGOGIC. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).