Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penguasaan materi mahasiswa Pendidikan fisika universitas Cenderawasih setelah diterapkan Virtual Basic of Application (VBA) Excel khususnya pada materi optik. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Subjek dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Cenderawasih sebanyak 17 orang. Pengumpulan data digunakan dengan 3 (tiga) cara yaitu tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini diperoleh melalui tes angket dari 4 (indikator), indicator pertama yaitu Ketertarikan mahasiswa dalam menggunakan VBA excel pada materi Optik diperoleh persentase sebesar 85% dan masuk pada kategori kuat. Kemudian untuk indikator yang ke dua yaitu Antusias mahasiswa diperoleh persentase sebesar 86% dan masuk pada kategori Kuat. Sedangkan untuk indikator yang ketiga yaitu Keaktifan mahasiswa dalam melakukan praktikum VBA excel dengan persentase 84% dan masuk dalam kategori kuat. Terakhir yaitu Keefektifan mahasiswa dalam menggunakan VBA excel dengan persentase 80% dan masuk kategori kuat. Dapat disimpulkan bahwa mahasiswa lebih cepat menguasai materi optik ketika dipraktekkan dengan menggunakan VBA excel dari pada mereka mempraktekkannya dengan menggunakan alat laboratorium.
Keywords
Article Details
Authors who publish in PHYDAGOGIC agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the PHYDAGOGIC right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC 4.0). This license allows anyone to compose, improve, and make derivative works non-commercially, and while they must credit you and gain no commercial advantage, they are not required to license derivative works on the same terms as the original work. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in PYDAGOGIC. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).