Main Article Content

Abstract

Discovery Learning adalah model pembelajaran inovatif yang efektif karena mendorong siswa untuk mendesain dan menyusun langkah-langkah pembelajaran yang membantu mereka mencapai tujuan belajar. Model ini memungkinkan siswa membangun pemahaman sendiri dan menemukan konsep-konsep secara mandiri, sesuai dengan pendekatan konstruktivisme. Pembelajaran ini menekankan pentingnya memahami ide-ide utama dalam suatu disiplin ilmu melalui keterlibatan aktif siswa. Dengan model ini, motivasi belajar siswa diharapkan meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Discovery Learning terhadap motivasi siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, memaparkan hasil secara apa adanya. Data dikumpulkan melalui angket, dan hasil menunjukkan bahwa Discovery Learning dapat meningkatkan motivasi belajar. Hal ini karena prosesnya memenuhi indikator motivasi dengan nilai signifikan lebih kecil dari 0,05. Discovery Learning berfokus pada siswa dengan melibatkan mereka dalam eksplorasi, pemecahan masalah, dan penggabungan pengetahuan baru. Pendekatan ini menciptakan suasana belajar yang aktif dan efektif.

Keywords

Model Pembalajaran Motivasi Belajar Discovery Learning

Article Details

How to Cite
Lasmono, P. G. D., Akbar, M., Silaban, A., & Hajar, S. (2024). PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR. PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika Dan Pembelajarannya, 7(1), 103 - 109. https://doi.org/10.31605/phy.v7i1.4702