ANALISIS MINAT BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA TERHADAP PENGGUNAAN PHET SIMULATION PADA MATERI LISTRIK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Cenderawasih terhadap penggunaan media pembelajaran interaktif PhET Simulation. Minat belajar merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan proses pembelajaran, terutama dalam mata kuliah yang memerlukan pemahaman konsep abstrak seperti fisika. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Fisika yang telah menggunakan PhET Simulation yang berjumlah 20 orang. Instrumen yang digunakan berupa angket tertutup yang disusun berdasarkan indikator minat belajar, yaitu perasaan senang, ketertarikan, perhatian, dan keterlibatan dalam belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sebagian besar mahasiswa Pendidikan fisika memiliki minat belajar yang sangat baik yaitu dengan persentase sebesar 82.35 terhadap penggunaan PhET Simulation, terutama dalam membantu pemahaman konsep fisika secara visual dan interaktif. Temuan ini mengindikasikan bahwa integrasi media simulasi seperti PhET dapat menjadi strategi efektif dalam meningkatkan minat dan kualitas pembelajaran fisika di Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Cenderawasih.
Authors who publish in PHYDAGOGIC agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the PHYDAGOGIC right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC 4.0). This license allows anyone to compose, improve, and make derivative works non-commercially, and while they must credit you and gain no commercial advantage, they are not required to license derivative works on the same terms as the original work. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in PYDAGOGIC. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).