ANALISIS MINAT BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA TERHADAP PENGGUNAAN PHET SIMULATION PADA MATERI LISTRIK

  • Siti Hajar Universitas Cenderawasih
  • Siti Maryam Ulfa Universitas Negeri Makassar
  • Adeline Silaban Universitas Cenderawasih
  • Muhammad Akbar Universitas Cenderawasih
Keywords: Minat belajar, PhET Simulation, Materi Listrik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Cenderawasih terhadap penggunaan media pembelajaran interaktif PhET Simulation. Minat belajar merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan proses pembelajaran, terutama dalam mata kuliah yang memerlukan pemahaman konsep abstrak seperti fisika. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Fisika yang telah menggunakan PhET Simulation yang berjumlah 20 orang. Instrumen yang digunakan berupa angket tertutup yang disusun berdasarkan indikator minat belajar, yaitu perasaan senang, ketertarikan, perhatian, dan keterlibatan dalam belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sebagian besar mahasiswa Pendidikan fisika memiliki minat belajar yang sangat baik yaitu dengan persentase sebesar 82.35 terhadap penggunaan PhET Simulation, terutama dalam membantu pemahaman konsep fisika secara visual dan interaktif. Temuan ini mengindikasikan bahwa integrasi media simulasi seperti PhET dapat menjadi strategi efektif dalam meningkatkan minat dan kualitas pembelajaran fisika di Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Cenderawasih.

Published
2023-04-30

Most read articles by the same author(s)