ANALISIS CITRA HISTOPATOLOGI KANKER PAYUDARA MENGGUNAKAN RESIDUAL NETWORK: STUDI LITERATUR
Abstract
Kanker merupakan penyakit kelainan dalam pembelahan sel di dalam tubuh. Kanker dapat memengaruhi jaringan di seluruh tubuh manusia. Salah satu jenis kanker yang paling umum di antara wanita adalah kanker payudara. Pemeriksaan jaringan yang terkait dengan penyakit ini disebut sebagai histopatologi. Proses dalam melakukan pemeriksaan laboratorium pada jaringan histopatologi payudara merupakan tugas kompleks karena membutuhkan ketelitian dan lebih banyak waktu. Oleh karena itu, salah satu alternatif untuk masalah ini adalah melalui citra medis menggunakan Sistem Diagnosis Berbantu Komputer (CAD). Penelitian ini dilakukan melalui tinjauan pustaka untuk menemukan hasil terbaik dari penggunaan Diagnosis Berbantu Komputer (CAD) yang memanfaatkan Jaringan Saraf Konvolusi (CNN) berbasis Jaringan Residual (ResNet). Penentuan model ResNet terbaik bergantung pada konteks dan tujuan penelitian. Dari tiga jurnal di atas, diketahui bahwa penentuan model ResNet terbaik tergantung pada konteks dan tujuan penelitian. Faktor-faktor seperti kesesuaian tugas, kebutuhan komputasi, data yang tersedia, dan kinerja pada dataset validasi mempengaruhi pemilihan model. Pada penelitian ini ResNet101 menjadi pilihan terbaik untuk investigasi lebih lanjut.
Authors who publish in PHYDAGOGIC agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the PHYDAGOGIC right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC 4.0). This license allows anyone to compose, improve, and make derivative works non-commercially, and while they must credit you and gain no commercial advantage, they are not required to license derivative works on the same terms as the original work. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in PYDAGOGIC. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).