Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1)Tingkat hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII di MTsN-1 Kota Makassar sebelum dan setelah diterapkannya video tutorial youtube. 2)Peningkatan hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII di MTsN-1 Kota Makassar setelah penerapan video tutorial youtube. 3) peningkatan secara signifikan hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII di MTsN-1 Kota Makassar setelah penerapan video tutorial youtube. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Pra-Eksperimen dengan desain penelitian menggunakan One Group Pretest-Posttest. Populasi peserta didik kelas VIII MTsN 1 Kota Makassar yang terdiri dari 12 kelas dengan total peserta didik yaitu 840, sampel ditentukan secara pusposive sampling, dengan 1 kelas yaitu Kelas VIII Sains 1 yang teridiri dari 40 peserta didik. Instrument penelitian yaitu soal tes pilihan ganda hasil belajar. Pengambilan data dilakukan dengan memberikan pretest dan posttest. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1)Tingkat hasil belajar sebelum penerapan video tutorial youtube terdapat pada kategori sedang dengan rata-rata skor sebesar 10,00, sedangkan setelah penerapan memiliki rata-rata 16,87 yang terdapat pada kategori tinggi. 2)Rata-rata N-Gain hasil belajar peserta didik setelah diterapkannya video tutorial youtube sebesar 0,65 yang terdapat pada kategori sedang. 3)Hal ini menunjukkan peningkatan yang signifikan hasil belajar peserta didik setelah penerapan video tutorial youtube peserta didik Kelas VIII MTsN 1 Kota Makassar.
Keywords
Article Details
Authors who publish in PHYDAGOGIC agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the PHYDAGOGIC right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC 4.0). This license allows anyone to compose, improve, and make derivative works non-commercially, and while they must credit you and gain no commercial advantage, they are not required to license derivative works on the same terms as the original work. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in PYDAGOGIC. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).