Main Article Content
Abstract
Tingginya harga pakan ikan komersial menjadi tantangan bagi pembudidaya ikan sehingga diperlukan solusi alternatif untuk meningkatkan efisiensi produksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan prototipe mesin pencetak pakan ikan guna mendukung ketahanan pangan perikanan. Metode penelitian menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan dengan teknik rekayasa desain untuk menciptakan prototipe yang efisien dan mudah digunakan. Pengembangan mesin melalui tiga tahapan utama, yaitu eksplorasi kebutuhan pengguna, pemodelan desain menggunakan perangkat lunak teknik, serta evaluasi teknis awal melalui simulasi digital. Mesin ini dirancang untuk mengolah berbagai bahan baku alternatif seperti limbah ikan, eceng gondok, dan residu agroindustri menjadi pakan ikan berbentuk pelet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prototipe yang dikembangkan memiliki spesifikasi teknis yang memastikan efisiensi produksi, stabilitas struktural, kemudahan pengoperasian, dan perawatan. Simulasi teknis mengonfirmasi bahwa desain mesin mampu menghasilkan pelet dengan ukuran seragam dan tingkat kepadatan optimal. Pengembangan mesin pencetak pakan ikan ini diharapkan dapat membantu pembudidaya ikan mengurangi ketergantungan pada pakan komersial serta meningkatkan efisiensi produksi.
Keywords
Article Details
Authors who publish in PHYDAGOGIC agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the PHYDAGOGIC right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC 4.0). This license allows anyone to compose, improve, and make derivative works non-commercially, and while they must credit you and gain no commercial advantage, they are not required to license derivative works on the same terms as the original work. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in PYDAGOGIC. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).