PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN CHATGPT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ANALISIS PESERTA DIDIK
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan kemampuan berpikir analisis peserta didik yang diajar menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan Discovery Learning, serta untuk mengkaji pengaruh penggunaan ChatGPT dan Google Search dalam kedua model pembelajaran tersebut. Metode yang digunakan adalah desain eksperimen sejati dengan sampel 45 peserta didik yang dibagi menjadi dua kelompok: kelas eksperimen (VII.4) dan kelas kontrol (VII.6). Pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan berpikir analisis dan kuesioner respons terhadap penggunaan ChatGPT. Data dianalisis menggunakan ANOVA dua jalur untuk menguji perbedaan antar kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum tidak ada perbedaan signifikan antara model PBL dan Discovery Learning. Namun, terdapat perbedaan signifikan antara penggunaan ChatGPT dan Google Search dalam meningkatkan kemampuan berpikir analisis peserta didik pada PBL. Peserta didik juga memberikan respons positif terhadap penggunaan ChatGPT sebagai media pembelajaran
Authors who publish in PHYDAGOGIC agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the PHYDAGOGIC right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC 4.0). This license allows anyone to compose, improve, and make derivative works non-commercially, and while they must credit you and gain no commercial advantage, they are not required to license derivative works on the same terms as the original work. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in PYDAGOGIC. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).