The Importance of Parental Involvement in the Education Process: An Analysis of Its Role and Impact

  • Dyan Paramitha Darmayanti Universitas Negeri Makassar
  • Andi Sadriani Universitas Negeri Makassar
Keywords: Orang Tua, Peserta Didik, Motivasi Belajar, Proses Pendidikan, Lingkungan Pendidikan

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pentingnya keterlibatan orang tua dalam proses pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk mengeksplorasi dampak signifikan keterlibatan orang tua dalam proses pendidikan; delapan informan terdiri dari empat siswa SMA, dua orang tua siswa, dan dua guru. Informan mewakili berbagai tahap kehidupan, berkisar antara 18 dan 55 tahun. Melalui wawancara yang menyeluruh, penelitian ini mengungkapkan bahwa keterlibatan orang tua memiliki dampak yang signifikan terhadap keinginan siswa untuk belajar, memperkuat hubungan siswa-guru, dan membuat lingkungan pendidikan yang mendukung perkembangan secara keseluruhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua memainkan peran penting dalam mendorong kesuksesan akademik dan perkembangan sosial di sekolah menengah atas. Penemuan ini memberikan dasar untuk membuat kebijakan dan praktik pendidikan yang lebih baik serta menekankan pentingnya keterlibatan orang tua sebagai elemen kunci dalam memahami dan meningkatkan sistem pendidikan.

References

Alisma, Y., & Adri, Z. (2021). Parenting Stress Pada Orangtua Bekerja Dalam Membantu Anak Belajar Di Rumah. Psyche: Jurnal Psikologi, 3(1), 64–74.
Damayanti, D. P. (2023). Model Dukungan Holistik Terhadap Pendidikan Anak Di Pondok Pesantren. Edukasia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 2121–2128.
Fabiani, R. R. M., & Krisnani, H. (2020). Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Membangun Kepercayaan Diri Seorang Anak Dari Usia Dini. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 40.
Hutapea, B. (2023). Bab 4 Komponen-Komponen Proses Belajar Mengajar. Psikologi Belajar Dan Pembelajaran, 47.
Irmalia, S. (2020). Peran Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal El-Hamra: Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 5(1), 31–37.
Mahmudin, H., & Muhid, A. (2020). Peran Orang Tua Mendidik Karakter Anak Dalam Islam. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, 11(2), 449–463.
Saputra, A. M. A., Tawil, M. R., Hartutik, H., Nazmi, R., La Abute, E., Husnita, L., ... Haluti, F. (2023). Pendidikan Karakter Di Era Milenial: Membangun Generasai Unggul Dengan Nilai-Nilai Positif. Pt. Sonpedia Publishing Indonesia.
Ulya, N., & Diana, R. R. (2021). Peran Pola Asuh Orang Tua Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Anak Usia. Jurnal Golden Age, 5(2), 304–313.
Published
2023-12-11