Main Article Content

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh signifikan  penggunaan media kartu dalam model pembelajaran Joyful Learning dalam mengembangkan pemahaman konsep siswa pada materi pecahan kelas V SD Negeri 1 Masiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh signifikan  penggunaan media kartu dalam model pembelajaran Joyful Learning dalam mengembangkan pemahaman konsep siswa pada materi pecahan kelas V SD Negeri 1 Masiri. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif metode eksperimen, dengan populasi yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri 1 Masiri sedangkan sampel yaitu kelas VB sebagai kelas eksperimennya dan kelas VA sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis. Teknik analisis data yang digunakan yakni statistik deskriptif dan sttatitik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menggunakan analisis deskriptif diperoleh nilai rata-rata kemampuan dalam pemahaman konsep siswa pada kelas eksperimen sebesar 56,25 sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-ratanya sebesar  33,33. Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis di peroleh bahwa thitung = 2,446 dengan df = 29 dan signifikan (2-tailed) = 0,021 < (α) (0,05) sehingga disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti bahwa rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah berbeda secara nyata. Artinya ada pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran Joyful Learning terhadap pemahaman konsep peserta didik SD Negeri 1 Masiri

Keywords

Media Kartu Joyful Learning Pemahaman Konsep

Article Details