Main Article Content

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah model pembelajaran tutor sebaya efektif ditinjau dari hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 4 Buton ? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran tutor sebaya ditinjau dari hasil belajar matematika kelas VII SMP Negeri 4 Buton. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Experimental Design. Penelitian ini menggunakan model Pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Buton pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 sebanyak 65 siswa yang terdiri dari empat kelas yaitu kelas VII A1, VII A2, VII B1 dan VII B2. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik simple random sampling dan terpilih kelas VII B1 sebagai kelas kontrol dan kelas VII A1 sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Independent Samples T Test . Berdasarkan hasil analisis data dengan statistik deskriptif diperoleh nilai rata-rata kelas kontrol yaitu, pretest sebesar 54,125 dan posttest sebesar 64,875 sedangkan kelas eksperimen yaitu, pretest sebesar 54 dan posttest sebesar 78,25. Sedangkan berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai thitung=-3,077<ttabel = 2,042 atau nilai signifikan (2-tailed) yaitu sebesar 0,004 sehingga Sig.<0,05(0,004 < 0,05) dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran tutor sebaya efektif ditinjau dari hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Buton. Hal ini diperkuat dengan hasil uji efektivitas dengan menggunakan rumus efisiensi relatif dimana diperoleh nilai R<1(0,504<1) yang berarti bahwa model pembelajaran tutor sebaya efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika.

Keywords

Efektivitas Model Pembelajaran Tutor Sebaya Hasil Belajar Matematika Siswa

Article Details