Main Article Content

Abstract

Penelitian ini mengkaji integrasi pembelajaran antara Madrasah Ibtidaiyah dan Madrasah Diniyah Takmiliyah sebagai upaya peningkatan kualitas pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui integrasi pembelajaran Madrasah Ibtidaiyah dengan Madrasah Diniyah Takmiliyah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan analisis studi kasus, melalui pengumpulan data dari observasi, wawancara, dan studi dokumentasi di madrasah Miftahul Ulum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi pembelajaran mampu memperkuat fondasi keagamaan siswa, meningkatkan keselarasan materi,model pembelajaran, dan kegiatan antara madrasah ibtidaiyah dan madrasah diniyah takmiliyah, serta mendukung pengembangan karakter dan kompetensi siswa secara menyeluruh. Implikasi dari temuan ini adalah dengan adanya efektifitas waktu yang tidak efisien perlunya Madrasah Ibtidaiyah dengan Madrasah Diniyah Takmiliyah diintegrasikan menjadi satu efektifitas waktu yang teratasi dan sebagai pembekalan peserta didik lebih siap secara mental untuk mondok, penanaman karakter yang agamis sejak dini. Penyusunan kebijakan pendidikan yang mendukung sinergi antara kedua jenjang madrasah, sehingga dapat menghasilkan lulusan yang tidak hanya memiliki pemahaman agama yang mendalam sehingga mencetak generasi yang cerdas secara intelektual dan kuat secara spiritual.

Keywords

Integrasi Pembelajaran, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Diniyah Takmiliyah

Article Details