Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran fisika di SMK Negeri 7 Majene. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Subjek penelitian dengan teknik sampling purposive terdiri atas kelas X TKJ 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TKJ 2 sebagai kelas kontrol. Data penelitian dikumpulkan melalui instrumen yaitu angket motivasi belajar. Penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar peserta didik pada kelas kontrol di kelas X TKJ 2 pada mata pelajaran fisika di SMK Negeri 7 Majene sebelum menggunakan pembelajaran konvensional nilai rata-rata pretest adalah 74,58 dan nilai rata-rata motivasi belajar peserta didik posttest adalah 78,74. Motivasi belajar peserta didik pada kelas eksperimen di kelas X TKJ 1 pada mata pelajaran fisika di SMK Negeri 7 Majene sebelum menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) nilai rata-rata pretest adalah 77,00 dan terjadi peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) nilai rata-rata motivasi belajar peserta didik posttest sebesar 87,90. Berdasarkan nilai rata-rata N-Gain untuk kelas eksperimen adalah sebesar 0,47 berada pada kategori sedang, sedangkan pada kelas kontrol adalah sebesar 0,14 berada pada kategori rendah. Walaupun nilai rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen berada pada kategori sedang, tetapi nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran fisika di SMK Negeri 7 Majene.
Keywords
Article Details
Authors who publish in PHYDAGOGIC agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the PHYDAGOGIC right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC 4.0). This license allows anyone to compose, improve, and make derivative works non-commercially, and while they must credit you and gain no commercial advantage, they are not required to license derivative works on the same terms as the original work. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in PYDAGOGIC. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).