Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran fisika di SMK Negeri 7 Majene. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Subjek penelitian dengan teknik sampling purposive terdiri atas kelas X TKJ 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TKJ 2 sebagai kelas kontrol. Data penelitian dikumpulkan melalui instrumen yaitu angket motivasi belajar. Penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar peserta didik pada kelas kontrol di kelas X TKJ 2 pada mata pelajaran fisika di SMK Negeri 7 Majene sebelum menggunakan pembelajaran konvensional nilai rata-rata pretest adalah 74,58 dan nilai rata-rata motivasi belajar peserta didik posttest  adalah 78,74. Motivasi belajar peserta didik pada kelas eksperimen di kelas X TKJ 1 pada mata pelajaran fisika di SMK Negeri 7 Majene sebelum menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) nilai rata-rata pretest adalah 77,00 dan terjadi peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) nilai rata-rata motivasi belajar peserta didik posttest sebesar 87,90. Berdasarkan nilai rata-rata N-Gain untuk kelas eksperimen adalah sebesar 0,47 berada pada kategori sedang, sedangkan pada kelas kontrol adalah sebesar 0,14 berada pada kategori rendah. Walaupun nilai rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen berada pada kategori sedang, tetapi nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran fisika di SMK Negeri 7 Majene.

Keywords

Problem Based Learning (PBL) Motivasi Belajar

Article Details

How to Cite
M, M., Hamzah, H., & Suandi, S. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI SMK NEGERI 7 MAJENE. PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika Dan Pembelajarannya, 4(2), 99-106. https://doi.org/10.31605/phy.v4i2.1783