Main Article Content
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian quasi eksprimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis videoscribe terhadap pemahaman konsep fisika siswa. Subjek populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IX SMP Ittihad Makassar tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 3 kelas dengan sampel sebanyak 43 siswa yang masing-masing 22 siswa untuk kelas eksperimen dan 21 siswa untuk kelas kontrol yang diambil secara utuh melalui pengacakan kelas. Disain Penelitian yang digunakan adalah static group comparison. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar pemahaman konsep fisika yang memenuhi kriteria valid dengan reliabilitas. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa skor rata-rata hasil belajar pemahaman konsep fisika siswa kelas kontrol sebesar 23,86 dan standar deviasi 4,81. Sedangkan skor rata-rata hasil belajar pemahaman konsep fisika siswa kelas eksperimen sebesar 27,55 dan standar deviasi 5,32. Hasil analisis inferensial yaitu pengujian hipotesis yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh antara kelompok siswa menggunakan media pembelajaran berbasis videoscribe dengan kelompok siswa yang diajar secara konvensional terhadap pemahaman konsep fisika.
Kata kunci: Videoscribe, Pemahaman Konsep Fisika
Keywords
Article Details
Authors who publish in PHYDAGOGIC agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the PHYDAGOGIC right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC 4.0). This license allows anyone to compose, improve, and make derivative works non-commercially, and while they must credit you and gain no commercial advantage, they are not required to license derivative works on the same terms as the original work. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in PYDAGOGIC. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).