Main Article Content

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian quasi  eksprimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan   media pembelajaran berbasis videoscribe terhadap pemahaman konsep fisika siswa. Subjek populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IX SMP Ittihad Makassar tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 3 kelas dengan sampel sebanyak 43 siswa yang masing-masing 22 siswa untuk kelas eksperimen dan 21 siswa untuk kelas kontrol yang diambil secara utuh melalui pengacakan kelas. Disain Penelitian yang digunakan adalah static group comparison. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar pemahaman konsep  fisika yang memenuhi kriteria valid dengan reliabilitas. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa skor rata-rata hasil belajar pemahaman konsep fisika siswa kelas kontrol sebesar 23,86 dan standar deviasi 4,81. Sedangkan skor rata-rata hasil belajar pemahaman konsep fisika siswa kelas eksperimen sebesar 27,55 dan standar deviasi 5,32. Hasil analisis inferensial yaitu pengujian hipotesis yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh antara kelompok siswa menggunakan  media pembelajaran berbasis videoscribe dengan kelompok siswa yang diajar secara konvensional terhadap pemahaman konsep  fisika.


 


Kata kunci: Videoscribe, Pemahaman Konsep Fisika

Keywords

Videoscribe, Pemahaman Konsep Fisika

Article Details

How to Cite
Sakti, I. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Videoscribe Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMP Ittihad Makassar. PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika Dan Pembelajarannya, 1(2), 49-54. https://doi.org/10.31605/phy.v1i2.278