Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran RADEC berbasis Case Study terhadap hasil belajar Mahasiswa pada mata kuliah Astronomi di Universitas Sulawesi Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain quasi experiment (eksperimen semu) dengan rancangan post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan fisika Angkatan 2022. Penentuan sampel menggunakan total sampling atau sampling jenuh yang terdiri dari 2 kelas, kelas eksperimen berjumlah 15 mahasiswa dan kelas kontrol berjumlah 15 mahasiswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pilihan ganda dengan 30 butir soal untuk mengukur hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Astronomi. Data yang sudah terkumpulkan dihitung dan dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t dengan menggunakan program SPSS versi 24. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka H1 diterima dengan artian bahwa terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar mahasiswa yang menerapkan model RADEC berbasis case study dibanding dengan hasil belajar mahasiswa yang menerapkan Model direct RADEC. Nilai rata-rata post-test hasil belajar mahasiswa pada kelas eksperimen adalah 89 lebih besar dibandingkan hasil belajar kelas control sebesar 80. Sehingga dapat disimpulkan bahawa model pembelajaran RADEC berbasis Case Study berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa.     

Keywords

RADEC Case Study Hasil Belajar

Article Details

How to Cite
Hutapea, B., & Saddia, A. (2024). MODEL PEMBELAJARAN RADEC BERBASIS CASE STUDY TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA . PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika Dan Pembelajarannya, 6(2), 117 - 124. https://doi.org/10.31605/phy.v6i2.3754