Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar  peserta didik kelas VIII A  Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Langsung pada Konsep Sistem Pernapasan Manusia  di SMP Negeri 19 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam siklus berulang, dimana setiap siklus terdiri atas rangkaian empat kegiatan yaitu, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi (evaluasi) dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 19 Makassar. Penelitian yang terdiri atas 2 siklus ini dilaksanakan pada bulan Desember 2013 hingga Februari 2014 pada semester genap. Distribusi dan persentase serta kategori hasil belajar IPA pada materi sistem pernapasan manusia, menunjukan bahwa dari 31 peserta didik  kelas VIII A SMP Negeri 19 Makassar yang diajar dengan menggunakan media animasi dalam pembelajaran langsung pada siklus I terlihat bahwa 29,03% atau sebanyak 9 orang peserta didik  yang memperoleh nilai sangat baik yakni pada interval 80 sampai 100;  32,26% atau sebanyak 10 orang  yang memperoleh nilai pada kategori baik yakni pada interval 66 sampai 79; 29,03% atau sebanyak 9 orang  yang memperoleh nilai pada kategori cukup yakni pada interval 56 sampai 65 dan 9,68% atau sebanyak 3 orang  yang memperoleh nilai pada kategori kurang yakni pada interval 40 sampai 55. Distribusi dan persentase serta kategori hasil belajar pada materi sistem peredaran darah manusia, menunjukan bahwa dari 35 peserta didik  kelas VIII A SMP Negeri 19 Makassar yang diajar dengan menggunakan media animasi dalam pembelajaran langsung pada siklus II terlihat bahwa 53,125% atau sebanyak 17 orang  yang memperoleh nilai sangat baik yakni pada interval 80 sampai 100; 21,875% atau sebanyak 7 orang  yang memperoleh nilai pada kategori baik yakni pada interval 66 sampai 79; 25% atau sebanyak 8 orang  yang memperoleh nilai pada kategori cukup yakni pada interval 56 sampai 65.

Keywords

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Pembelajaran Langsung Aktivitas Hasil Belajar

Article Details

How to Cite
Saddia, A. (2022). PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI PADA PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK. PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika Dan Pembelajarannya, 4(2), 65-73. https://doi.org/10.31605/phy.v4i2.1632