Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII A Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Langsung pada Konsep Sistem Pernapasan Manusia di SMP Negeri 19 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam siklus berulang, dimana setiap siklus terdiri atas rangkaian empat kegiatan yaitu, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi (evaluasi) dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 19 Makassar. Penelitian yang terdiri atas 2 siklus ini dilaksanakan pada bulan Desember 2013 hingga Februari 2014 pada semester genap. Distribusi dan persentase serta kategori hasil belajar IPA pada materi sistem pernapasan manusia, menunjukan bahwa dari 31 peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 19 Makassar yang diajar dengan menggunakan media animasi dalam pembelajaran langsung pada siklus I terlihat bahwa 29,03% atau sebanyak 9 orang peserta didik yang memperoleh nilai sangat baik yakni pada interval 80 sampai 100; 32,26% atau sebanyak 10 orang yang memperoleh nilai pada kategori baik yakni pada interval 66 sampai 79; 29,03% atau sebanyak 9 orang yang memperoleh nilai pada kategori cukup yakni pada interval 56 sampai 65 dan 9,68% atau sebanyak 3 orang yang memperoleh nilai pada kategori kurang yakni pada interval 40 sampai 55. Distribusi dan persentase serta kategori hasil belajar pada materi sistem peredaran darah manusia, menunjukan bahwa dari 35 peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 19 Makassar yang diajar dengan menggunakan media animasi dalam pembelajaran langsung pada siklus II terlihat bahwa 53,125% atau sebanyak 17 orang yang memperoleh nilai sangat baik yakni pada interval 80 sampai 100; 21,875% atau sebanyak 7 orang yang memperoleh nilai pada kategori baik yakni pada interval 66 sampai 79; 25% atau sebanyak 8 orang yang memperoleh nilai pada kategori cukup yakni pada interval 56 sampai 65.
Keywords
Article Details
Authors who publish in PHYDAGOGIC agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the PHYDAGOGIC right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC 4.0). This license allows anyone to compose, improve, and make derivative works non-commercially, and while they must credit you and gain no commercial advantage, they are not required to license derivative works on the same terms as the original work. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in PYDAGOGIC. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).