Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan penguasaan materi pelajaran Ipa sub konsep Suhu pada siswa SMP Negeri 8 Makassar melalui metode demonstrasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang berbasis kelas (class room research) yang bersifat deskriptif dan bertujuan untuk mengetahui peningkatan penguasaan materi pelajaran Ipa sub konsepĀ  Suhu pada siswa SMP Negeri 8 Makassar melalui metode demonstrasi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 8 Makassar, yaitu kelas VII B dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang yang terdiri dari 26 siswa perempuan dan 10 laki-laki. Dalam penelitian ini juga dilibatkan 2 orang guru mata pelajaran Ipa sebagai partisipan dan teman diskusi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus (siklus I dan siklus II). Terjadi peningkatan tingkat pemahaman materi pelajaran Ipa siswa kelas VII B SMP Negeri 8 Makassar pada sub konsep Suhu melalui metode demonstrasi dari kategori tidak tuntas belajar klasikal dan nilai rata-rata 68,07 setelah pelaksanaan tindakan siklus I menjadi kategori tuntas belajar klasikal dan nilai rata-rata 78,41 setelah pelaksanaan siklus II.

Keywords

Penelitian Tindakan Kelas Peningkatan Penguasaan Materi Metode Demontrasi

Article Details

How to Cite
Saddia, A. (2021). PENINGKATAN PENGUASAAN MATERI IPA KONSEP SUHU METODE DEMONSTRASI PADA SISWA SMP NEGERI 8 MAKASSAR. PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika Dan Pembelajarannya, 3(2), 71-79. https://doi.org/10.31605/phy.v3i2.1180