Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan penguasaan materi pelajaran Ipa sub konsep Suhu pada siswa SMP Negeri 8 Makassar melalui metode demonstrasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang berbasis kelas (class room research) yang bersifat deskriptif dan bertujuan untuk mengetahui peningkatan penguasaan materi pelajaran Ipa sub konsepĀ Suhu pada siswa SMP Negeri 8 Makassar melalui metode demonstrasi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 8 Makassar, yaitu kelas VII B dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang yang terdiri dari 26 siswa perempuan dan 10 laki-laki. Dalam penelitian ini juga dilibatkan 2 orang guru mata pelajaran Ipa sebagai partisipan dan teman diskusi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus (siklus I dan siklus II). Terjadi peningkatan tingkat pemahaman materi pelajaran Ipa siswa kelas VII B SMP Negeri 8 Makassar pada sub konsep Suhu melalui metode demonstrasi dari kategori tidak tuntas belajar klasikal dan nilai rata-rata 68,07 setelah pelaksanaan tindakan siklus I menjadi kategori tuntas belajar klasikal dan nilai rata-rata 78,41 setelah pelaksanaan siklus II.
Keywords
Article Details
Authors who publish in PHYDAGOGIC agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the PHYDAGOGIC right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC 4.0). This license allows anyone to compose, improve, and make derivative works non-commercially, and while they must credit you and gain no commercial advantage, they are not required to license derivative works on the same terms as the original work. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in PYDAGOGIC. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).