Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran pocket book digital. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 1 Sendana yang berjumlah 34 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah model Borg & Gall yang dibatasi tujuh tahap terdiri dari tahap potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk. Kelayakan media pocket book digital yang dikembangkan mengacu pada 3 kriteria yaitu valid, praktis, dan efektif. Valid diperoleh dari hasil validasi oleh ketiga validator menunjukkan bahwa media pocket book digital memenuhi kriteria sangat valid dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 90,45% pada media dan sebesar 90,59% untuk materi. Praktis diperoleh dari angket respon guru dan peserta didik dari hasil uji coba diperoleh nilai 88,67% untuk guru dan 85,09% untuk peserta didik hal ini menunjukkan bahwa pocket book digital memenuhi kriteria sangat praktis. Untuk efektif diperoleh dari tes hasil belajar peserta didik juga telah memenuhi kriteria sangat efektif dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 82,35%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran pocket book digital yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kelayakan.

Keywords

Media Pembelajaran Pocket Book Digital Gerak Parabola

Article Details

How to Cite
Irmayanti, I., Lutfin, N. A., & M, M. (2024). PENGEMBANGAN POCKET BOOK DIGITAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA. PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika Dan Pembelajarannya, 7(1), 87 - 96. https://doi.org/10.31605/phy.v7i1.4319