Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik sebelum dan setelah diajar metode pemberian tugas variatif dengan model kooperatif tipe numbered head together (NHT) di SMA Negeri 1 Sendana; (2) bagaimana peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik sebelum dan setelah diajar metode ceramah dengan pembelajaran konvensional di SMA Negeri 1 Sendana; (3) apakah terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar kognitif peserta didik antara kelas yang menggunakan metode pemberian tugas variatif dengan model kooperatif tipe numbered head together (NHT) dan kelas yang menggunakan metode ceramah dengan pembelajaran konvensional di SMA Negeri 1 Sendana. Jenis penelitian adalah kuasi-eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Kelas eksperimen menggunakan metode pemberian tugas variatif dengan model kooperatif tipe numbered head together (NHT) sedangkan kelas kontrol menggunakan metode ceramah dengan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data melalui instrumen tes hasil belajar kognitif berupa pretest dan posttest. Data dianalisis dengan statistik deskriptif menggunakan uji N-Gain dan statistik inferensial menggunakan uji t. Berdasarkan perhitungan uji N-Gain hasil belajar kognitif peserta didik diperoleh bahwa rata-rata nilai N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,5165 kategori sedang sedangkan rata-rata nilai N-Gain kelas kontrol sebesar 0,2972 ketegori rendah. Perhitungan uji t membuktikan bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil belajar kognitif antara kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh hasil = 5,9430 = 1,9973 dengan taraf signifikansi 0,05.
Keywords
Article Details
Authors who publish in PHYDAGOGIC agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the PHYDAGOGIC right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC 4.0). This license allows anyone to compose, improve, and make derivative works non-commercially, and while they must credit you and gain no commercial advantage, they are not required to license derivative works on the same terms as the original work. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in PYDAGOGIC. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).