Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan keterampilan pemecahan masalah fisika peserta didik setelah menerapkan model pembelajaran Inquiry Based Learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental dengan desain one-group pretest- posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIA MAN 1 Majene yang berjumlah 33 orang peserta didik. Sampel yang diteliti sebanyak 29 orang yang dipilih dengan teknik sampling jenuh. Instrumen pengumpulan data berbentuk tes uraian. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Penelitian menunjukkan bahwa keterampilan pemecahan masalah fisika peserta didik sebelum diterapkan perlakuan berada pada kategori cukup baik (rata-rata 9,36) dan setelah diterapkan perlakuan berada pada kategori baik (rata-rata 17,34). Kemudian nilai N-gain dari hasil pretest dan posttest keterampilan pemecahan masalah sebesar 0,51 (sedang).

Keywords

inquiry based learning keterampilan pemecahan masalah

Article Details

How to Cite
Karmila, Hamzah, H., & Mutmainna. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PESERTA DIDIK . PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika Dan Pembelajarannya, 2(2), 55-60. https://doi.org/10.31605/phy.v2i2.1499