Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan keterampilan pemecahan masalah fisika peserta didik setelah menerapkan model pembelajaran Inquiry Based Learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental dengan desain one-group pretest- posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIA MAN 1 Majene yang berjumlah 33 orang peserta didik. Sampel yang diteliti sebanyak 29 orang yang dipilih dengan teknik sampling jenuh. Instrumen pengumpulan data berbentuk tes uraian. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Penelitian menunjukkan bahwa keterampilan pemecahan masalah fisika peserta didik sebelum diterapkan perlakuan berada pada kategori cukup baik (rata-rata 9,36) dan setelah diterapkan perlakuan berada pada kategori baik (rata-rata 17,34). Kemudian nilai N-gain dari hasil pretest dan posttest keterampilan pemecahan masalah sebesar 0,51 (sedang).
Keywords
Article Details
Authors who publish in PHYDAGOGIC agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the PHYDAGOGIC right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC 4.0). This license allows anyone to compose, improve, and make derivative works non-commercially, and while they must credit you and gain no commercial advantage, they are not required to license derivative works on the same terms as the original work. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in PYDAGOGIC. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).