KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN TEKNIK AKROSTIK DI SEKOLAH DASAR: SISTEMATICS LITERATURER REVIEW

  • Iqbal Arifin Universitas Sulawesi Barat
  • St Harpiani Universitas Sulawesi Barat
  • Muh. Irham Nugraha
Keywords: Keterampilan menulis puisi; Teknik Akrostik;

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk memberikan solusi yang mudah bagi guru dalam pembelajaran menulis puisi. Terdapat banyak argumen yang menyatakan bahwa menulis adalah salah satu keterampilan yang sulit dan memerlukan waktu yang cukup lama untuk menguasainya. Metode yang digunakan dalam tulisan ini adalah systematics literature review, yaitu mengumpulkan berbagai literature baik yang bersumber dari jurnal ilmiah, buku, maupun lainnya. Data-data yang dikumpulkan berisi informasi terkait hasil penelitian-penelitian sebelumnya yang berhubungan dengan keterampilan menulis puisi menggunakan teknik akrostik pada siswa di sekolah dasar. Teknik akrostik merupakan salah satu teknik yang dapat digunakan bagi penulis atau penyair pemula untuk menciptakan, menikmati, dan mengapresiasi puisi-puisi lainnya. Berdasarkan tujuh literature yang telah dianalisis, diperoleh hasil bahwa penggunaan teknik akrostik dalam menulis puisi memberikan pengaruh dan dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi peserta didik.

References

Abduh, N. K. (2018). Pemanfaatan teknik akrostik untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 11(1), 40–47.
Bawamenewi, A. (2021). Teknik Akrostik untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 638–642.
Cahyanti, E. D., Asri, S. A., & Ulfa, M. (2021). Upaya Meningkatkan keterampilan menulis puisi melalui teknik akrostik berbantuan media audiovisual. 199–208.
Firman, F. (2015). Terampil Menulis Karya Ilmiah (SP Mirnawati, Ed.). Penerbit Aksara Timur.
Hamsa, H., Sukirman, S., & Firman, F. (2019). Menulis Puisi dengan Teknik Akrostik. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(2), 67–74.
Huliatunisa, Y. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Penggunaan Teknik Akrostik Pada Pembelajaran Tematik. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 121–133.
Husna, T., & Fatria, F. (2019). Teknik Akrostik Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Di Sd Pab 34 Patumbak. 2(1), 589–594.
Julianto, I. R. (2023). Teknik Akrostik Sebagai Inovasi Pembelajaran Keterampilan Menulis Puisi Di Sekolah Dasar (Studi Literatur). Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, 10(1), 44–56.
Koly, Y. F. M. (2021). Menulis Puisi dengan Teknik Akrostik. Sintaks: Jurnal Bahasa & Sastra Indonesia, 1(2), 32–35.
Mulyati, M. P. (2017). Terampil Bahasa Indonesia: Untuk Perguruan Tinggi. Prenada Media.
Musfirah, M., Agussalim, H., Kasau, M. N. R., Khalik, S., Lanta, J., & Saifullah, S. (2022). PENGARUH TEKNIK AKROSTIK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA. Cakrawala Indonesia, 7(1), 9–14.
Rohika, D. P., Marhaeni, M. P. A. N., & Sutama, M. P. P. I. M. (2014). Pengaruh Pembelajaran Menulis Puisi Dengan Teknik Akrostik Terhadap Hasil Belajar Menulis Puisi Dan Motivasi Berprestasi Siswa Kelas V Sd Di Gugus 6 Kecamatan Gianyar.
Sari, D. K., Fuad, M., & Munaris, M. (2015). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Teknik Akrostik Pada Siswa Kelas X. J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2 Sep).
Suharto, Y., & Defita, L. (2020). Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Teknik Akrostik Dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekolah Pada Siswa Kelas V. Jurnal Elementary Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 3, 48–52.
Suherman, A. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Menggunakan Metode Akrostik (Penelitian Tindakan Kelas). Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 5(1), 33–48.
Sukirman Nurdjan, S., Firman, S. P., & Mirnawati, S. P. (2016). Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Penerbit Aksara TIMUR.
Sulistianingrum, E., Nurmahanani, I., & Iskandar, S. (2021). Analisis Keterampilan Menulis Puisi Melalui Teknik Akrostik pada Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. 2(1), 1522–1530.
SUMIYATI, S. (2022). KEEFEKTIFAN TEKNIK AKROSTIK DALAM KETERAMPILAN MENULIS PUISI. LANGUAGE: Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(3), 242–249.
Susanto, S. (2019). Peningkatan keterampilan menulis puisi siswa kelas III SDN Bringin 1 Kecamatan Bringin Kabupaten Ngawi dengan menggunakan teknik akrostik. Jurnal Pendidikan Modern, 4(3), 28–36.
Wafiqni, N., & Rosdiani, A. (2019). Pengaruh Teknik Akrostik Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas V SD Islam Al Amanah Tangerang Selatan. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 3(1), 72–81.
Published
2023-06-11