Respon Mahasiswa terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Canva

  • Hasbahuddin Universitas Sulawesi Barat
  • St Harpiani Universitas Sulawesi Barat
  • Asmirinda Resa Universitas Sulawesi Barat
  • Intan Fandini Universitas Sulawesi Barat
Keywords: Respon mahaiswa; Media pembelajaran; Canva

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini juga sangat berpengaruh terhadap dunia pendidikan, termasuk dalam hal pengembangan media pembelajaran. Pada era modern ini, berbagai platform digital yang dapat dimanfaatkan dalam mengembangkan media pembelajaran yang menarik dan inovatif guna mendukung proses pembelajaran yang lebih efektif. Salah satunya yang populer digunakan saat ini adalah Canva. Canva merupakan alat desain yang menyediakan beragam fitur dalam membuat media pembelajaran. Peneliti memilih patform Canva sebagai solusi dalam mengatasi masalah pengembangan media pembelajaran karena beberapa kelebihan yang dimiliki oleh platform tersebut. Subjek dalam penelitian ini ialah mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar semester empat yang saat ini sedang memprogram mata kuliah Media Pembelajaran untuk mengetahui respon mereka terhadap penggunaan Canva. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mendistribusikan angket kepada mahasiswa melalui Google Form. Angket tersebut berisi 12 pernyataan yang dibagi menjadi: 3 pernyataan aspek tampilan visual, 3 pernyataan aspek kemudahan penggunaan, 3 pernyataan aspek manfaat terhadap pembelajaran, dan 3 pernyataan pada aspek motivasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap pengembangan media pembelajaran berbasis Canva. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran Canva dinilai sangat positif oleh mahasiswa karena memberikan kontribusi signifikan terhadap pengalaman belajar mahasiswa. Hal ini tercermin dari rata-rata skor yang tinggi pada hampir semua pernyataan.

References

Hidayatullah, A., Artharina, F. P., Sumarno, S., & Rumiarci, E. (2023). Penggunaan Aplikasi Canva pada Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio Fkip Unma, 9(2), 943–947.

Hwang, G. J., et al. (2023). "Interactive Learning Environments: The Impact of Digital Tools on Student Engagement." Computers & Education, 104567.

Ichsan, I. Z., Dewi, A. K., Hermawati, F. M., & Iriani, E. (2018). Pembelajaran IPA dan lingkungan: Analisis kebutuhan media pembelajaran pada SD, SMP, SMA di Tambun Selatan, Bekasi. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 2(2), 131–140.

Kurnia, I. R., & Sunaryati, T. (2023). Media Pembelajaran Video Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Educatio Fkip Unma, 9(3), 1357–1363.

Kurt, S. C., et al. (2021). "Digital Media in Education: A Review of Canva’s Potential for Student Creativity." Journal of Educational Technology, 15(2), 45-60.

Mila, N., & Hasan, M. (2021). EFEKTIVITAS PEMANFAATAN CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING. 8.

Mudinillah, A., & Handayani, E. P. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Canva dalam Proses Pembelajaran Bahasa Arab di MAN Gunung Padang Panjang. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 6(2), 101–116.

Prensky, M. (2020). "Digital Natives, Digital Immigrants Revisited." Innovate: Journal of Online Education, 5(3), 1-6.

Putri, I. A., Dwijayanti, I., & Lestari, A. B. (2024). Peningkatan Profesionalisme Mahasiswa PPG Melalui Pemanfaatan Aplikasi Canva dalam Pembuatan Bahan Ajar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(4), 2917–2922.

Rahman, A., et al. (2023). "The Effectiveness of Canva in Enhancing Visual Learning: A Case Study in Higher Education." International Journal of Instruction, 16(1), 89-104.

Septyanto, D., et al. (2022). "Student Responses to Digital Learning Tools: A Study on Canva’s Usability in Education." Journal of Educational Technology Systems, 50(4), 512-530.

Published
2025-06-12