Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda dari instrumen tes yang disusun. Adapun subjek dari penelitian ini adalah peserta didik SMA kelas X sebanyak 20 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Tahapan hasil dari penelitian ini adalah hasil pengembangan dan hasil uji coba. Hasil pengembangan yang diperoleh adalah instrumen tes berupa soal pilihan ganda. Untuk hasil uji coba, diperoleh data pada uji validitas adalah rendah. Uji coba reliabilitas r11 = -0,023072486, r11< 0,20 menunjukkan bahwa reliabilitas instrumen tes sangat rendah. Uji tingkat kesukaran soal mudah 60%, sangat sukar 25%, dan sedang 15%.  Ini menujukkan bawa tingkat kesukaran instrumen tes sedang. Uji daya beda diperoleh data tidak baik 85%, baik dan sangat baik masing-masing adalah 10% dan 5%. Ini menujukkan bahwa daya beda soal pada instrumen tes yang disusun memenuhi kategori tidak baik.

Keywords

Validitas Reliabilitas Tingkat Kesukaran Daya Beda

Article Details

How to Cite
Agriawan, M. N., Saldi, M., & Kadir, M. R. (2020). PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN GERAK LURUS PADA MATA PELAJARAN FISIKA SMA. PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika Dan Pembelajarannya, 2(2), 45-48. https://doi.org/10.31605/phy.v2i2.1492