Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda dari instrumen tes yang disusun. Adapun subjek dari penelitian ini adalah peserta didik SMA kelas X sebanyak 20 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Tahapan hasil dari penelitian ini adalah hasil pengembangan dan hasil uji coba. Hasil pengembangan yang diperoleh adalah instrumen tes berupa soal pilihan ganda. Untuk hasil uji coba, diperoleh data pada uji validitas adalah rendah. Uji coba reliabilitas r11 = -0,023072486, r11< 0,20 menunjukkan bahwa reliabilitas instrumen tes sangat rendah. Uji tingkat kesukaran soal mudah 60%, sangat sukar 25%, dan sedang 15%. Ini menujukkan bawa tingkat kesukaran instrumen tes sedang. Uji daya beda diperoleh data tidak baik 85%, baik dan sangat baik masing-masing adalah 10% dan 5%. Ini menujukkan bahwa daya beda soal pada instrumen tes yang disusun memenuhi kategori tidak baik.
Keywords
Article Details
Authors who publish in PHYDAGOGIC agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the PHYDAGOGIC right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC 4.0). This license allows anyone to compose, improve, and make derivative works non-commercially, and while they must credit you and gain no commercial advantage, they are not required to license derivative works on the same terms as the original work. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in PYDAGOGIC. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).