Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas modul praktikum daring pengukuran dasar berbasis aplikasi games pada playstore dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-experimental design dengan desain one-shot case study. Subjek dalam penelitian ini adalah 22 mahasiswa angkatan 2020 Prodi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Sulawesi Barat. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif berdasarkan data nilai ketuntansan belajar mahasiswa. Nilai ketuntasan belajar mahasiswa diperoleh dari akumulasi nilai laporan lengkap dan hasil tes yang diberikan setelah melakukan praktikum daring menggunakan modul praktikum daring berbasis aplikasi games pada playstore. Efektifitas modul yang dikembangkan ditinjau dari presentasi mahasiswa yang tuntas belajar. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah jumlah mahasiswa yang tuntas belajar adalah 18 dari 22 mahasiswa atau sebesar 82%. Hal ini menunjukkan bahwa Modul praktikum daring pengukurun dasar berbasis aplikasi games pada playstore efektif digunakan dalam pelaksanaan praktikum daring untuk materi pengukuran dasar pada pembelajaran jarak jauh. Selain itu, modul ini juga dapat menjadi salah satu penunjang pelaksanaan praktikum pada sekolah ataupun perguruan tinggi yang memiliki keterbatasan fasilitas praktikum.
Keywords
Article Details
Authors who publish in PHYDAGOGIC agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the PHYDAGOGIC right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC 4.0). This license allows anyone to compose, improve, and make derivative works non-commercially, and while they must credit you and gain no commercial advantage, they are not required to license derivative works on the same terms as the original work. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in PYDAGOGIC. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).