Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas modul praktikum daring pengukuran dasar berbasis aplikasi games pada playstore dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-experimental design dengan desain one-shot case study. Subjek dalam penelitian ini adalah 22 mahasiswa angkatan 2020 Prodi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Sulawesi Barat. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif berdasarkan data nilai ketuntansan belajar mahasiswa. Nilai ketuntasan belajar mahasiswa diperoleh dari akumulasi nilai laporan lengkap dan hasil tes yang diberikan setelah melakukan praktikum daring menggunakan modul praktikum daring berbasis aplikasi games pada playstore. Efektifitas modul yang dikembangkan ditinjau dari presentasi mahasiswa yang tuntas belajar. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah jumlah mahasiswa yang tuntas belajar adalah 18 dari 22 mahasiswa atau sebesar 82%. Hal ini menunjukkan bahwa Modul praktikum daring pengukurun dasar berbasis aplikasi games pada playstore efektif digunakan dalam pelaksanaan praktikum daring untuk materi pengukuran dasar pada pembelajaran jarak jauh. Selain itu, modul ini juga dapat menjadi salah satu penunjang pelaksanaan praktikum pada sekolah ataupun perguruan tinggi yang memiliki keterbatasan fasilitas praktikum.

Keywords

Efektivitas Modul Praktikum Daring Pengukuran Dasar Games Playstore

Article Details

How to Cite
Lutfin, N. A., & Saldi, M. (2022). EFEKTIVITAS MODUL PRAKTIKUM DARING PENGUKURAN DASAR BERBASIS APLIKASI GAMES PADA PLAYSTORE. PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika Dan Pembelajarannya, 4(2), 116 - 120. https://doi.org/10.31605/phy.v4i2.1871