Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1) Mendeskripsikan tingkat keterampilan numerasi peserta didik kelas IX pada materi listrik dinamis, 2) Mendeskripsikan tingkat keterampilan numerasi peserta didik kelas IX pada tiap indikator. Sampel yang dipilih menggunakan rumus Slovin sebanyak 270 peserta didik yang dipilih secara random. Instrumen penelitian berupa soal uraian sebanyak 9 butir soal. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa nilai rata-rata keterampilan numerasi peserta didik kelas IX SMPN se-kecamatan Mamajang kota Makassar pada materi listrik dinamis yakni 42,34 yang berada pada kategori sedang. Sedangkan nilai rata-rata tiap indikator yakni: 1) Nilai rata-rata kemampuan menggunakan berbagai macam angka dan simbol yang terkait dengan matematika dasar untuk memecahkan masalah dalam berbagai macam konteks kehidupan sehari-hari adalah 36,14 berada pada kategori sedang, 2) Nilai rata-rata kemampuan menganalisis informasi yang ditampilkan dalam berbagai bentuk (grafik, tabel, bagan, diagram, dan lain sebagainya) adalah 47,22 berada pada kategori sedang, dan 3) Nilai rata-rata kemampuan menafsirkan hasil analisis tersebut untuk memprediksi dan mengambil keputusan adalah 40,68 berada pada kategori sedang. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan numerasi peserta didik berada pada kategori sedang, namun masih didominasi oleh kemampuan yang rendah pada indikator penggunaan angka dan simbol. Temuan ini mengindikasikan perlunya penguatan numerasi terintegrasi dalam pembelajaran IPA.
Keywords
Article Details
Authors who publish in PHYDAGOGIC agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the PHYDAGOGIC right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC 4.0). This license allows anyone to compose, improve, and make derivative works non-commercially, and while they must credit you and gain no commercial advantage, they are not required to license derivative works on the same terms as the original work. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in PYDAGOGIC. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).