Main Article Content

Abstract

 


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran tipe Cycle 7E dalam pembelajaran fisika terhadap kecakapan berpikir rasional peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Campalagian. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi-experiment) dengan menggunakan desain pretest-posttest control group. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Campalagian. Kelompok kontrol menerima pembelajaran fisika dengan model pembelajaran konvensional, sedangkan kelompok eksperimen dengan model pembelajaran Cycle 7E. Data kecakapan berpikir rasional diukur dengan menggunakan instrumen tes yang terdiri dari soal pilihan ganda, data kemudian diolah dengan menggunakan analisis statistic deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kecapakan berpikir rasional peserta didik pada kelas ekpserimen sebesar 77,33 yang berada pada kategori tinggi. Sementara kelas control memperoleh nilai rata-rata sebesar 48,67 yang berada pada kategori rendah. Hasil penelitain tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kecakapan berpikir rasional peserta didik sebelum dan setelah diajar menggunakan model learning Cycle 7E pada kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Campalagian.

Keywords

Cycle 7E Pembelajaran Fisika Ekseperimen Semu Kecakapan Berpikir Rasional

Article Details

How to Cite
Kalsum, U., Lutfin, N. A., & Adawiah, R. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CYCLE 7E DALAM PEMBELAJARAN FISIKA TERHADAP KECAKAPAN BERPIKIR RASIONAL PESERTA DIDIK. PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika Dan Pembelajarannya, 6(1), 6 - 14. https://doi.org/10.31605/phy.v6i1.3139