Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan pemahaman konsep peserta didik antara kelas yang menggunakan mind map berbantuan LKPD dengan kelas yang tidak menggunakan mind map berbantuan LKPD pada pembelajaran fisika kelas X SMA Negeri 1 Majene. Jenis penelitian ini adalah quasi-eksperimen dengan desain nonequevalent control design. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas, yaitu kelas X MIPA 3 sebagai kelas kontrol dan kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen. Pada kelas eksperimen menggunakan media pembelajaran mind map berbantuan LKPD. Sedangkan pada kelas kontrol tidak menggunakan media pembelajaran mind map berbantuan LKPD. Teknik pengumpulan data melalui tes pemahaman konsep berupa pretest dan posttest. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji t. Hasil penelitian yang diperoleh membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pemahaman konsep peserta didik antara kelas yang menggunakan mind map berbantuan LKPD dengan kelas yang tidak menggunakan mind map berbantuan LKPD pada pembelajaran fisika kelas X SMA Negeri 1 Majene. Terlihat dari hasil uji ( thitung = 2,113 > ttabel = 2,004) pada taraf signifikan 0,05.

Keywords

Mind Map Berbantuan Lkpd Pemahaman Konsep Pembelajaran Fisika

Article Details

How to Cite
M, M., Lutfin, N. A., & Hasniati, H. (2023). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MIND MAP BERBANTUAN LKPD TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK. PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika Dan Pembelajarannya, 5(2), 108 - 116. https://doi.org/10.31605/phy.v5i2.2535