ANALISIS PENGUKURAN PADA MATERI BESARAN DAN SATUAN TERHADAP BENDA BERATURAN DAN TIDAK BERATURAN
Abstract
Ilmu fisika merupakan ilmu pasti bagian dari ilmu pengetahuan alam. Pada ilmu fisika ada banyak proses yang dilakukan mulai pengamatan, pengukuran, analisis dan kesimpulan dari suatu percobaan. Pada ilmu fisika banyak melakukan percobaan. Dalam percobaan pada penggunaan alat ukur membutuhkan bahan dan alat tersendiri. Tujuan percobaan pengukuran ini adalah untuk mengembangkan dan mengetahui penggunaan alat ukur. pada percobaan penggunaan alat ukur ini harus menggunakan prosedur yang sesuai. Masalah dalam percobaan ini adalah keterbatasan jumlah alat ukur dan ketidakpahaman dalam menggunakan alat ukur menyebabkan proses pengukuran berlangsung lama. Metode yang dilakukan adalah dengan membagi setiap mahasiswa mengukur satu bahan percobaan. Hasil dari percobaan ini adalah mahasiswa menjadi faham dengan kegunaan alat ukur dan pengaplikasian rumus-rumus cara menghitung besaran. Setelah percobaan ini diharapkan semua faham akan kegunaan alat ukur dan penghitungan besaran.
Authors who publish in PHYDAGOGIC agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the PHYDAGOGIC right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC 4.0). This license allows anyone to compose, improve, and make derivative works non-commercially, and while they must credit you and gain no commercial advantage, they are not required to license derivative works on the same terms as the original work. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in PYDAGOGIC. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).