ANALISIS HUBUNGAN TEGANGAN DAN ARUS DALAM RANGKAIAN SERI DAN PARALEL BERDASARKAN HUKUM OHM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara tegangan dan arus listrik dalam persamaan Hukum Ohm serta membandingkan karakteristik rangkaian seri dan paralel. Metode eksperimen digunakan dengan pendekatan kuantitatif, di mana pengukuran dilakukan menggunakan multimeter digital pada resistor dengan nilai tertentu. Setiap pengukuran dilakukan dalam tiga kali pengulangan untuk memastikan konsistensi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa arus listrik berbanding lurus dengan tegangan yang diterapkan dan berbanding terbalik dengan hambatan, sesuai dengan Hukum Ohm. Pada rangkaian seri, arus yang mengalir tetap konstan, sedangkan tegangan terbagi pada setiap resistor. Sebaliknya, pada rangkaian paralel, tegangan tetap konstan, sementara arus terbagi sesuai dengan nilai resistansi masing-masing cabang. Perbedaan resistansi total antara kedua rangkaian juga terkonfirmasi, di mana resistansi total rangkaian paralel lebih kecil dibandingkan dengan rangkaian seri. Implikasi penelitian ini mencakup peningkatan pemahaman konsep kelistrikan dasar serta penerapannya dalam desain sistem kelistrikan yang efisien untuk keperluan industri dan pendidikan.
Authors who publish in PHYDAGOGIC agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the PHYDAGOGIC right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC 4.0). This license allows anyone to compose, improve, and make derivative works non-commercially, and while they must credit you and gain no commercial advantage, they are not required to license derivative works on the same terms as the original work. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in PYDAGOGIC. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).